Alur Perpanjang SIM C Terbaru Oktober 2022

Alur proses perpanjangan surat izin mengemudi atau SIM terbaru oktober 2022. Pada artikel kali ini akan bercerita tentang cara perpanjang Surat Izin Mengemudi atau SIM bagi Pengendara kendaraan bermotor. Apa saja yang harus dipersiapkan Berapa biayanya di simak artikel ini sampai selesai.
Sebelum memulai proses perpanjangan SIM, kita pastikan terlebih dahulu bahwa masa berlaku SIM yang kita punya mendekati berakhirnya masa berlaku. Umumnya dua minggu sebelum masa berlaku habis, SIM baru bisa diperpanjang. Hal ini dimungkinkan karena untuk menghindari terjadinya penumpukan di kantor satpas pengurusan surat izin mengemudi.

Persyaratan yang harus disiapkan yaitu fotokopi kartu tanda penduduk atau KTP, fotokopi SIM yang akan diperpanjang, Surat Keterangan Sehat dari dokter surat keterangan hasil tes psikologi dari dokter yang ditunjuk oleh kantor satpas. Dalam artikel ini melakukan perpanjangan SIM satpas Kabupaten Karanganyar provinsi Jawa Tengah. Untuk lokasi psikologi nggak terlalu jauh dari kantor satpas dapat diakses dengan berjalan kaki tepatnya berada di Stadion 45 Karanganyar. Setelah selesai mengikuti tes psikologi dan mendapatkan surat keterangan hasil tes Anda dapat melanjutkan tes kesehatan. 

Untuk tes kesehatan jasmani diarahkan menggunakan aplikasi yaitu aplikasi SimPol. Di dalam aplikasi SimPol sudah tersedia data yang harus dilengkapi dan tes yang harus diselesaikan. Pada tes di SimPol diusahakan semua jawaban benar. Tes yang harus anda kerjakan meliputi tes buta warna yaitu menebak angka, huruf dan gambar yang ada dalam aplikasi dan juga tes pendengaran berupa menebak berapa jumlah kendaraan yang melintas, berapa kali anda mendengar klakson, dan berapa kali anda mendengar mesin mati. Jika jawaban belum benar semua Anda dapat mengulang tes tersebut. Setelah selesai semua Anda dapat melanjutkan untuk memilih tanggal kehadiran pada lokasi tes kesehatan dan tanggal kunjungan. Kemudian menunjukkan generate barcode dari aplikasi kepada petugas kesehatan di lokasi tes kesehatan. Dalam proses ini, lokasi berada di belakang kantor tes psikologi, sehingga sangat memudahkan peserta (akses dapat dijangkau dengan jalan kaki).


Setelah surat keterangan sehat jasmani dan surat keterangan hasil tes psikologi telah dapatkan. Anda dapat mengumpulkan nya pada 1 stopmap dengan fotokopi KTP dan fotokopi SIM yang akan diperpanjang. Selanjutnya kita akan meninggalkan lokasi tes psikologi menuju kantor satpas untuk proses pendaftaran pada loket 1 atau loket pendaftaran. Setelah berkas diterima, anda diminta mengisi formulir telah disediakan oleh petugas loket, silakan isi formulir tersebut untuk dikembalikan kepada petugas. Selanjutnya kita melakukan pembayaran pada loket bank yang telah bekerjasama dengan kantor satpas sesuai dengan status pendaftaran yang kita masukan.

Dari loket pembayaran kita berpindah ke loket selanjutnya untuk mendapatkan nomor antrian dalam hal ini kita antri untuk foto SIM hanya untuk perpanjangan bukan pengajuan baru. Setelah mendapatkan nomor antrian kita diminta menunggu di dekat ruang foto SIM sambil menunggu di panggil nomor antrian kita. Jika antrian tidak banyak ini akan berjalan dengan cepat Akan tetapi jika yang mengurus banyak sampai 1 hingga 2 jam menunggu antrian sampai kita dipanggil. 

Setelah tiba giliran kita dipanggil petugas untuk masuk ke ruang foto SIM, akan dilakukan potret pas foto terbaru, scan sidik jari, tanda tangan digital dan konfirmasi data identitas SIM. Setelah selesai kita diminta menunggu di loket penyerahan SIM. Disini kita akan menunggu panggilan tergantung banyaknya antrian dan tidak ada kendala pada perangkat pencetakan SIM.

Selamat SIM baru anda sudah berhasil diperpanjang, pastikan data identitas anda telah sesuai sebelum meninggalkan loket penyerahan SIM. Secara keseluruhan estimasi biaya yang dikeluarkan adalah sebagai berikut;
1. Stopmap & Fotocopy Rp 5.000
2. Tes Psikologi Rp 75.000
3. Tes Kesehatan SimPol Rp 60.000
4. Biaya perpanjangan SIM Rp 75.000
5. Biaya Kenakalan :D Rp 35.000

Jadi total semuanya adalah Rp 250.000,- untuk memperpanjang SIM C pada bulan Oktober 2022. Perlu diperhatikan untuk biaya kenakalan tergantung jarak tempuh dan keborosan BBM kendaraan serta makan siang yang diinginkan. Pada proses ini memang diupayakan untuk hemat dalam hal tersebut ha ha ha. 


Oke, sampai disini untuk informasi cara perpanjang sim c terbaru 2022 di kabupaten Karanganyar. Mungkin terdapat perbedaan dengan daerah lain, tentu saja Anda harus menyesuaikan dengan kondisi tersebut. Sampai jumpa pada artikel berikutnya dan tetap sehat, jangan lupa bahagia.

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan Bijak. Komentarmu akan tampil pada domain publik yang dapat diakses dari seluruh dunia tanpa batas Ruang dan Waktu.

Lebih baru Lebih lama