Tempat Arsip Digital Terlengkap 2022 di Internet

Teknologi Internet - Tempat arsip digital terlengkap di internet bukan sekedar mitos belaka. Disini kamu bisa menemukan situs yang sudah terhapus sekalipun. Seperti apa tempat arsip digital yang dimaksud? Simak postingan khusus kali ini hingga tuntas, dan welcome to digital ecosystem!

Mungkin diantara pembaca OmPrap Blog pernah menemukan situs yang tiba-tiba tidak dapat diakses, atau biar mudah kita sebut saja situs yang telah tutup dan tidak tersedia lagi di internet. Akan tetapi sobat pembaca sangat memerlukan informasi dari situs yang hilang tadi untuk rujukan tugas akademik atau referensi penelitian yang dulu tersedia dan dapat diakses. Tenang, tidak perlu panik sobat, beberapa waktu lalu kami menemukan sebuat tempat yang di internet yang menyediakan rekaman dari situs-situs populer di jagad maya.


Sebut saja tempat itu Internet Archive Wayback Machine yang beralamatkan di https://web.archive.org/ dan kita dapat menjelajahi lebih dari 681 miliar halaman web yang disimpan dari waktu ke waktu. Ya, sebuah website yang menyebut dirinya sebagai Arsip Internet, benar-benar tidak terpikirkan oleh kita bukan?

Internet Archive, adalah sebuah organisasi nirlaba 501(c)(3) yang sedang membangun perpustakaan digital situs Internet dan artefak budaya lainnya dalam bentuk digital. Seperti perpustakaan kertas, kami menyediakan akses gratis kepada peneliti, sejarawan, cendekiawan, penyandang disabilitas cetak, dan masyarakat umum. Misi kami adalah menyediakan Akses Universal ke Semua Pengetahuan.

Kami mulai pada tahun 1996 dengan mengarsipkan Internet itu sendiri, sebuah media yang baru mulai digunakan. Seperti surat kabar, konten yang dipublikasikan di web bersifat sementara - tetapi tidak seperti surat kabar, tidak ada yang menyimpannya. Hari ini kami memiliki 25+ tahun riwayat web yang dapat diakses melalui Wayback Machine dan kami bekerja dengan 950+ perpustakaan dan mitra lainnya melalui program Archive-It kami untuk mengidentifikasi halaman web penting. (diterjemahkan dari About the Internet Archive. https://archive.org/about/)

Lalu, Bagaimana cara Penggunaan Arsip Digital ini?


Nah, sobat jika ingin menggunakan atau mencari situs yang telah hilang, cukup dengan mengakses tautan tersebut dan menyalin tautan situs yang hendak dicari. Tapi perlu dipahami bersama bahwa tidak semua situs/website dapat terekam dengan baik. Berdasarkan pengalaman kami beberapa waktu lalu yang mencoba menggunakan teknologi internet arsip ini, tidak dapat memuat halaman yang terekam dikarenakan situs/website yang direkam menggunakan fitur-fitur khusus, misal auto redirect, auto halaman berikutnya, autooooo..... dan auto lain yang menyebalkan he he he .

Setelah terbuka halaman Wayback Machine (WM), sobat bisa juga memasukkan kata kunci tertentu sehingga ditampilkan situs-situs yang relevan dengan kata kunci tersebut. Misalnya saja kita ingin mencari "cara bikin lontong" di arsip digital tersebut, maka cukup kita ketikan pada kolom "enter a URL or word related ... " lalu tekan enter pada keyboard. Akan ditampilkan halaman-halaman situs yang berkaitan dengan kata yang kita inginkan tadi. Yaaa.... mirip-mirip seperti aplikasi katalog pada perpustakaan gitu deh.

Bisakah Menambahkan Situs ke Internet Arsip?


He he pasti sobat ini programer website ya, atau blogger yang situsnya belum diarsipkan?? Tenang sob, pada halaman beranda WM sebelah kanan bawah ada for khusus bertuliskan Save Page Now. Sobat cukup ketikan URL situs yang ingin direkam/ditambahkan pada arsip internet tersebut dan ikuti petunjuk yang tampil hingga selesai. Bagaimana, cukup mudah bukan untuk menambahkan situs atau blog kita disana? Yuk buruan, agar sewaktu-waktu dibutuhkan, sudah ada arsip kita disana. Tapi jangan iseng ya memasukkan situs orang lain.

Terkadang hal kecil yang kita lakukan dengan konsisten, akan memberikan kontribusi besar terhadap peradaban, dalam hal ini teknologi digital. Demikian posting kali ini, semoga dapat menambah wawasan dan keberkahan hidup bagi semesta. Sampai jumpa lagi pada posting berikutnya, jika ada yang kurang berkenan atau perlu didiskusikan, silakan tinggalkan pesan pada kolom komentar yang tersedia di bawah posting ini. 

Akhirnya, tetap sehat tetap bahagia patuhi protokol kesehatan.

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan Bijak. Komentarmu akan tampil pada domain publik yang dapat diakses dari seluruh dunia tanpa batas Ruang dan Waktu.

Lebih baru Lebih lama