Mengatasi Alokasi JTM pada Simpatika

Tutorial Pendidikan – Bagi operator SIMPATIKA (dulu PADAMU NEGERI) yang ingin mengajukan s25a, tapi menemui kendala alokasi JTM (jam tatap muka) yang belum terpenuhi bisa mencoba solusi ini. Tahap awal analisa masalah terkait dengan peringatan Alokasi JTM ini bisa merujuk pada struktur kurikulum yang berlaku. Adapun struktur kurikulum yang di atur melalui peraturan menteri, untuk KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) pada madrasah di tuangkan dalam permenag no. 2 tahun 2008 lampiran V (lima).

Pada lampiran yang berisi struktur kurikulum tersebut tertera alokasi JTM bagi setiap mata pelajaran di madrasah. Misalnya saja untuk tingkat madrasah ibtidaiyah pada mata pelajaran Matematika kelas V memiliki alokasi 5 jam pelajaran per minggu. Jika pada jadwal mingguan yang ada pada SIMPATIKA terdapat 6 jam pelajaran, maka sistem secara otomatis akan memunculkan peringatan Alokasi JTM belum terpenuhi. Dalam contoh kasus ini, jumlah JTM Matematika kelas V kelebihan satu jam pelajaran tiap minggunya.


Sementara itu, merujuk pada struktur kurikulum di atas diketahui bahwa alokasi jam untuk mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan sebanyak 4 jam per minggu. Dalam contoh kasus ini untuk jadwal mingguan PJOK hanya di alokasikan 3 jam per minggu. Artinya mapel PJOK kekurangan satu jam pelajaran.

Solusi Menghilangkan Peringatan Alokasi JTM

Untuk mengatasinya dapat dilakukan penataan ulang pada jadwal mingguan dengan memberikan kelebihan jam pelajaran pada mata pelajaran yang kekurangan. Dalam contoh kasus di atas, kelebihan jam tatap muka untuk Matematika ditambahkan pada mapel PJOK. Hal ini tentu akan berpengaruh pada jumlah jam mengajar para guru (khususnya yang memperoleh tunjangan) sehingga perlu dilakukan musyawarah bagi guru yang terdampak beserta kepala madrasahnya.


Jika telah di dapat kesepakatan, maka operator SIMPATIKA tinggal mengeksekusi perubahan jadwal mingguan dan peringatan Alokasi JTM akan hilang dan tombol ajuan s25a akan aktif. Namun, jika masih muncul berarti masih ada alokasi jam tatap muka yang belum sesuai dengan struktur kurikulum baik itu kelebihan maupun kekurangan pada mata pelajaran tertentu di masing-masing kelas.

Demikian ulasan singkat untuk mengatasi masalah alokasi JTM pada SIMPATIKA. Selamat bertugas bagi para operator pendidikan dan semoga bermanfaat.


Posting Komentar

Berkomentarlah dengan Bijak. Komentarmu akan tampil pada domain publik yang dapat diakses dari seluruh dunia tanpa batas Ruang dan Waktu.

Lebih baru Lebih lama